Senin, 17 September 2012

tips merawat laptop

Laptop merupakan salah satu contoh barang yang banyak dibutuhkan orang. Seperti layaknya manusia, laptop juga membutuhkan perawatan untuk memperpanjang umur laptop. Untuk itu, sebaiknya anda mengetahui beberapa tips merawat laptop sehingga mempermudah anda dalam perawatan.
Laptop merupakan barang elektronika yang sangat sensitif jika anda tidak melakukan perawatan dengan benar maka tak heran jika laptop anda sering keluar masuk tempat servis laptop. Perlu anda tahu bahwa harga komponen pada laptop jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan komponen pada PC. Nah, untuk itu berikut ini beberapa tips merawat laptop yang dapat anda lakukan.
1. Jangan sembarangan download software gratis di internet
Software gratis di internet beresiko tinggi membawa virus dan ini dapat membahayakan laptop anda. Tips merawat laptop ini dapat anda lakukan dengan menggunakan software-software yang anda dapatkan ketika laptop anda beli.
2. Jangan biarkan laptop terpapar sinar matahari langsung
Hindari laptop terkena sinar matahari secara langsung baik ketika sedang anda gunakan untuk bekerja ataupun ketika anda simpan. Seperti kita ketahui, laptop merupakan barang yang sensitif dan akan mudah rusak jika terpapar sinar matahari langsung.
3. Pakai keyboard protector
Tips merawat laptop ini dilakukan mengingat banyak laptop yang rusak karena terkena cairan sehingga untuk meminimalisir dampak karena terkena cairan, gunakan keyboard protector.
4. Jangan sampai terjatuh atau terbentur
Terjatuh atau benturan dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk dan LCD. Hal ini umum terjadi karena keteledoran dari pemakai.
5. Jangan letakkan laptop pada permukaan yang empuk
Tips merawat laptop ini sangat sulit untuk dilakukan karena biasanya sebagian besar orang senang bermain laptop di tempat tidur. Padahal ini dapat membahayakan laptop anda karena laptop tidak memilki sirkulasi udara yang memadai sehingga laptop akan cepat panas dan prosesor rentan terhadap kerusakan.
6. Jauhkan dari medan magnet
Tips merawat laptop yang terakhir ini harus anda lakukan karena dengan adanya medan magnet dapat meningkatkan resiko kerusakan kinerja laptop anda.
Itulah beberapa tips merawat laptop dan semoga dapat membantu anda menjaga kondisi laptop anda. Apabila anda memiliki tips lainnya untuk melakukan perawatan terhadap laptop kesayangan jangan sungkan untuk berbagi melalui kolom komentar yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar